Sally Maritime - Indonesia Mampu Jadi Leader Minyak Sawit Dunia

Indonesia Mampu Jadi Leader Minyak Sawit Dunia

Share:

Direktur Pemasaran Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Dwi Sutoro, mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan besar untuk bisa mengatur industri kelapa sawit global. Dwi menilai, hal tersebut bukan sekadar angan-angan semata, mengingat industri sawit nasional, telah sukses membawa Indonesia menjadi pemain utama dunia, terutama dalam produksi minyak sawit mentah (CPO).

Saat ini, lanjut Dwi, Indonesia merupakan negara yang berkontribusi sekitar 55 persen terhadap minyak sawit dunia, dan 42 persen minyak nabati dunia.  “Kalau kita dua minggu saja tidak ekspor, itu kan banyak yang teriak-teriak.  Artinya, itu kan kekuatan yang luar bisa.  Kita harus mendikte dunia,” ujar Dwi, dalam wawancara menjelang  Musyawarah Nasional (Munas) XI Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) yang dihadiri InfoSAWIT, di Bali, Rabu (8/03/2023).

Menurut Dwi, perlu dorongan besar dari berbagai pihak, baik pemerintah, organisasi, maupun para petani, untuk memaksimalkan perkebunan kelapa sawit Indonesia. Karena menurutnya, pengelolan industri kelapa sawit, tidak hanya di hulunya (perkebunan kelapa sawit-red) saja, tapi juga harus di hilirnya. Di satu sisi partner bisnis harus memberikan advice yang dapat memperkuat produktivitas dan strategi dalam pengembangan bisnis sawit. “Pada rantai pasok minyak sawit, jika hilirnya bermasalah atau terkena masalah, pasti di hulunya juga akan kena dampaknya,” tandas Dwi.

Source: Berita Sawit – Indonesia Bisa Jadi Leader Minyak Sawit Dunia – InfoSAWIT

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top